pemkab-kukar
Metro

MPP Disdukcapil Raih Penghargaan Nasional

M Irianto

KOTAKU, TENGGARONG-Mal Pelayanan Publik (MPP) yang dikembangkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil meraih penghargaan keempat terbaik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) tingkat nasional tahun 2023.

“Tingkat kunjungan pelayanan adminduk (Administrasi Kependudukan, Red) di MPP mencapai 260 dalam sehari, sedangkan untuk pelayanan online sekitar 750 per hari,” ungkap Kepala Disdukcapil M Irianto, Senin (25/3/2024).

Dengan total kunjungan harian yang mencapai seribu, Disdukcapil Kukar telah menempatkan petugas narahubung di setiap desa atau kelurahan untuk memaksimalkan pelayanan adminduk.

Prestasi ini tidak diraih secara instan, melainkan melalui upaya berkelanjutan yang membuat pelayanan adminduk di Kukar menjadi yang terbaik di antara kabupaten dan kota se-Kalimantan Timur (Kaltim).

Masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan dapat mengunjungi MPP atau berkoordinasi dengan petugas narahubung.

“Sementara untuk pelayanan di Disdukcapil sifatnya hanya Back Office atau melayani yang melalui petugas narahubung atau online secara mandiri,” jelasnya.

Irianto juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran dan masyarakat yang telah merasa puas dengan pelayanan adminduk. Komitmen untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan pelayanan merupakan prioritas bagi Disdukcapil.

“Kami di MPP memiliki 23 layanan, di antaranya pembuatan KTP, penerbitan akta kelahiran atau kematian, mengurus nikah, dan lainnya,” tutupnya. (adv/diskominfo kukar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top